BeritaPengumuman

Konfirmasi Kesediaan Mengikuti PPG Daljab 2020

Menindaklanjuti kebijakan Merdeka Belajar dan Transformasi Guru dan kepala Sekolah, Dirjen GTK melakukan penyempurnaan kurikulum dan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2020 bertujuan menghasilkan guru profesional yang dapat meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

PPG Dalam Jabatan tahun 2020 dilaksanakan dengan pola Daring selama 86 hari efektif yang meliputi:
a. pendalaman materi
b. pengembangan perangkat pembelajaran
c. reviu perangkat pembelajaran
d. PPL dan reviu PPL
e. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG

Guru yang telah ditetapkan sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan wajib melakukan konfirmasi kesediaan secara online kemudian wajib mencetak dan menandatangani dokumen format A1 dan Pakta Integritas. Tujuan konfirmasi kesediaan adalah untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa PPG Dalam Jabatan memahami ketentuan yang berlaku selama mengikuti PPG Dalam Jabatan beserta sanksinya dan menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan. Ketentuan tersebut juga berlaku bagi guru yang telah ditetapkan sebagai cadangan calon mahasiswa PPG.

Calon mahasiswa yang tidak melakukan konfirmasi sampai batas waktu berakhir dianggap tidak bersedia mengikuti PPG Dalam Jabatan pada angkatan tersebut dan dapat digantikan oleh calon mahasiswa PPG yang lulus cadangan.

Sebelum memulai konfirmasi sebaiknya dipersiapkan Nomor Induk Mahasiswa/Nomor Pokok Mahasiswa ketika menempuh jenjang pendidikan S1 dan persiapkan nama perguruan tinggi sesuai yang tertulis di ijazah S1

Tahapan konfirmasi kesediaan mengikuti PPG Dalam jabatan 2020 adalah sebagai berikut:

  • 1. Login ke laman konfirmasi kesediaan

    Login ke laman sergur.kemdikbud.go.id dengan mengisikan nomor peserta UKG dan password (kata sandi) sesuai akun di simpkb

  • 2. Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab 2020

    Peserta wajib melakukan konfirmasi persetujuan untuk setiap poin pakta integritas. Jika tidak bersedia proses konfirmasi selesai. Bagi yang bersedia harap dipersiapakan ijasah/transkrip nilai untuk mengisi kolom nama perguruan tinggi dan NIM/NPM.

  • 3. Konfirmasi Catak Berkas

    Konfirmasi cetak berkas Paktaintegritas dan format A1 dapat dilakukan sesudah ditetapkan menjadi peserta PPG daljab tahun 2020. Format A1 ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Pakta integritas di tanda tangani oleh calon mahasiswa di atas materai.

Adapun jadwal pelaksanaan PPG Dalam jabatan Tahun 2020 dapat dilihat pada tabel berikut.

Related Articles

10 Comments

  1. Assalamualaikum.
    izin bertanya admin, peserta yg mengonfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab ini siapa ya? apakah ada syarat atau ketentuan khusus?

    1. Sementara masih sebagaimana tertulis dalam pengumuman ini Pak. Jika ada hal-hal yang diperlukan lainnya akan kami infokan melalui laman ppg.fkip.unsyiha.ac.id

  2. Assalamualaikum ijin bertanya. saya sudah mengikuti PLPG tahun 2017 dan belum lulus UTN.
    kalau saya ingin mengikuti PPG seperti ini apakah bisa?

    1. Waalaikumsalam, proses rekrutmen PPG Daljab dilaksanakan melalui Dinas Pendidikan. Untuk lebih jelas Ibu bisa berkonsultasi pada dinas Pendidikan setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button